PEMBAHASAN TENTANG EMAIL
Makalah Email
BAB 1
PENDAHULUAN
Dalam dunia
nyata pada umumnya, kita sering menggunakan surat untuk mengabarkan suatu
berita. Namun kekurangan media surat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dari pengirim
ke penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan menggunakan media
telepon.Namun sayangnya jika menggunakan telepon untuk jarak penelepon dan
penerima telepon yang cukup jauh, biasanya memerlukan biaya yang tidak murah,
karena menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung Internasional). Oleh
karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu mengatasi kendala waktu,
jarak dan biaya ini.
Salah satu
solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan email (electronic mail).
Email merupakan suatu solusi yang cukup murah, dapat diakses dari mana saja,
dan jarang mengalami keterlambatan pengiriman, karena secara umum (jika tidak
ada masalah) biasanya email dapat dikirimkan paling lama dalam waktu 5 menit
saja. Namun bukan berarti dengan menggunakan email tidak akan ada masalah yang
terjadi. Ada pula kekurangan dan kelebihannya,nanti akan kita bahas.
1. Untuk mengetahui apa e-mail.
2. Untuk mengetahui fungsi e-mail.
3. Untuk mengetahui cara membuat e-mail.
4. Untuk mengetahui fungsi attachemen file
dalam e-mail.
5. Untuk mengetahui cara sign up di situs jejaring social.
BAB II
PEMBAHASAN EMAIL
Email
merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat
Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu
dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat
mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada
seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang
sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya
pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh
penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com, http://www.mail.google.com, dll.
1. Media
komunikasi
E-mail atau
surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal
atau umum (komunitas).
2. Media
pengiriman
Dengan
e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya
pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan
alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan
data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif,
efisien, dan murah
Melakukan
pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya,
anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto
atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda,
pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media
promosi
Jika anda
bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan
promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail
pelanggan yang ada.
5. Media
informasi
Melalui
e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia
yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda
tentukan.
6. Membuat
blog atau website
Dengan
e-mail anda bisa membuat blog dan website.
7. Sosial
media
Dengan
e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik
menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook,
twitter, atau google.
Langsung
saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan
ikuti langkah-langkah simple berikut...
·
Buka http://gmail.com
· Klik
Create An Account di bawah untuk login
·
Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan
isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
1. Nama
: Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
2. Pilih
nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus
belum digunakan orang lain).
3. Buat
sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
4. Konfirmasi
sandi anda : Masukkan ulang password anda.
5. Tanggal
lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
6. Gender
: Pilih jenis kelamin anda.
7. Ponsel
: Isikan dengan nomor telepon anda.
8. Alamat
email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda
kosongi.
9. Lokasi
: Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
10. Centang
dua persyaratan dari google tersebut...
11. Klik
tombol langkah berikutnya
·
Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan
dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan..
·
Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh
google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian
masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia.Jika sudah, silahkan
klik Verifikasi.
·
Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah
selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan
ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika
sudah, klik saja Langkah berikutnya
·
jika semua langkah diatas sudah anda lakukan
dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.
·
Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail.
Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
·
sampai disini akun Gmail anda sudah jadi,
silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah
disediakan oleh produk google gmail.
D. Fungsi Attachment File Dalam E-Mail
1. Pengertian
attachement
Attachemen adalah
fasilitas yang disediakan pada suatu website atau email untuk dapat mengirimkan
dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya
akan diupload ke internet.
Dengan
adanya attachment sangat memudahkan kita kalau misalnya mau bertukar informasi
atau mengirim dokumen penting, karena yang perlu kita lakukan hanyalah
mengupload dokumen tersebut ke server, maka orang lain sudah dapat
mendownloadnya dari tempat lain.
2. .Fungsi
attachment
Attachment
adalah perintah mengirim file melalui email. Kadang saat kita mengirimkan surat
kita ingin mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat
menjadi lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam
lampiran attachment surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita lampirkan
juga, misalnya: document word ataupun power point.
Singkatnya,
fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu untukmengirimkan suatu file
(baik berupa video,gambar,animasi dll)
melalui
email kealamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah
perintah-perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan
cara melakukan Attachment File ialah :
- klik
compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik
attachment file
- Klik
Browse
- Pilih
file yang diinginkan
- Klik
Attach File
- Pilih
Done
- Klik Send
E. Cara Sign Up Di Jejaring Sosial
Ø Cara sign up di twitter
Pertama
tama yang harus anda persiapkan adalah email, nantinya
email ini sudah pasti digunakan untuk mengkonfirmasi akun twitter anda.
·
Pertama tama yang harus anda lakukan dalam membuat
twitter adalah membuka halaman situs berikut https://twitter.com/
·
Signup setelah itu anda isi Nama email Dan Password
sesuai dengan data diri anda. Jika sudah diisi kemudian klik “Sign Up
For Twitter” untuk membuat akun twtter anda
Kemudian
Akan Tampil Seperti Tampilan DiBawah Ini Dimana Anda Harus Melengkapi Data Diri
Anda.
·
Tanda Kotak Merah Adalah jika username kamu
sudah tidak bisa, maka suggestion yg diberikan oleh twitter bisa dijadikan
alternatif untuk username anda.
·
Setelah Itu Anda Akan DiHadapkan Seperti Tampilan
Dibawah Ini Dimana Kita Harus Melewati Step 1 of 6 Sampai dengan Step
ke 6.
Klik Let’s
Go
·
Kemudian Ceklist Semua Kategori Seperti Gambar Di Atas
Lalu Klik Continue
·
Kemudian Klik Follow 40 &
Continue Seperti Yang DiSarankan Twitter
Kemudian
Klik Skip this step for now Jika Anda Ingin Melewati Langkah Ini,
Namun Jika Tidak, Ini Adalah Langkah Untuk Mengupload Foto Anda.
1. Untuk
Mengambil Foto Anda Dari Kamera
2. Untuk
Mengambil Foto Anda Melalui Upload Dari PC/Laptop/Tablet/HP Anda.
3. Skip
this step for now Adalah Pilihan Untuk Melewati Langkah Ini Artinya Kita
Bisa Upload Foto Kita Setelah Proses Daftar Selesai Semua.
Kemudian
Langkah ke 5 Klik Saja Skip this step Pada Kiri Bawah Seperti Tulisan
Di Bawah Ini :
·
Kemudian Akan Muncul Seperti Tampilan Di Bawah Ini
Pada
Langkah Terakhir Adalah Login Ke Email Anda Untuk Mengkonfirmasi Akun Twitter
Yang Telah Kita Buat, Pada Tutorial Ini Indonews Menggunakan Gmail.Com
Jika
Berhasil Makan Akan Muncul Tampilan Seperti Dibawah Ini :
Resmi sudah
akun twitter anda dibuat, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah
mengisi profil pada akun twitter anda yang berguna nantinya mempermudah orang
dalam berkomunikasi.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Email merupakan singkatan dari
Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat
yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan
internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah
teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang
tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat
singkat.
Jadi,untuk mengirim dokumen di
attachemen file di e-mail tentunya kita harus memiliki account e-mail dan untuk
sign up si jejaring socialpun kuncinya dengan memiliki account e-mail sehingga
akan mudah dalam berkomunikasi atau berkirim dokumen atau file-file.
Komentar
Posting Komentar