SEARACH ENGINE

 makalah search engine

BAB 1

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

        Dalam mencari informasi melalui internet dewasa ini sering digunakan suatu sistem  perangKat lunak yang sering disebut sebagai mesin pencari (search engine). Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu menemukan file-file yang disimpan dalam komputer. Search engine memungkinkan untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Perkembangan teknologi internet selain dari teknik pencarian dengan menggunakan mesin pencari adalah email dan mailing list. Email atau mailing list juga merupakan salah satu bagian dari teknologi internet. Email             adalah fasilitas yang dapat memudahkan kita menerima dan mengirim surat elektronik melalui aplikasi secara online maupun berada dalam komputer. email adalah sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini.

 

Tujuan

·         Dapat menambah wawasan seputar search engine

·         Dapat mempelajari cara kerja search engine

·         Dapat mempraktekkan search engine dalam membangun blog

 

 

BAB II

PEMBAHASAN MESIN PENCARI

 

Mesin Pencari ( Search Engine )

        Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun  rasio  pengunjung  atas  suatu  berkas  yang  disebut  sebagai  hits.  Informasi  yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

 

1. Google

1.      Sejarah

        Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari  yang  berdasarkan  analisis  matematika  hubungan  antara  situs-situs  web  akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs. Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman- halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Page dan Brin  memutuskan  untuk  mencoba  tesis  mereka  sebagai  bagian  dari  studi  mereka –  ini menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc. pada 7 September 1998.

 

        Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga  mereka  menjadi  lebih  relevan  bagi  para  pengguna,  dan  iklan-iklan  tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan  dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba. Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta. Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan  pemimpin  hosting  weblog.  Akuisisi  ini  tampak  tidak  konsisten  dengan  misi  umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting- posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News. Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.

2.      Kelebihan

a.  Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.

b.  Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.

c.  Tampilan yang sederhana.

d.  Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.

e.  Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

3.      Kekurangan

        Dengan  kelebihan  yang  dimilikinya,  ternyata  mesin  pencari  ini  jadi  bidikan  para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

2. Bing

4.      Sejarah

        Microsoft Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision engine") yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni. menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu: Web untuk pencarian halaman situs atau website.

Images untuk pencarian gambar.

News untuk pencarian berita.

xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

        Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012. Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai "Tiger" ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain [ada mesin pencarinya yang mencakup "Bilah sisi" (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.

5.      Kelebihan

Gambar latar belakang yang variatif

Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti. Fasilitas Instant Answer

        Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memeberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan samapai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan. Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail

        Apabila pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail. Hasil pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang terbagi lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta disertai juga dengan Show image details. Show image details ini berfungsi dalam menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar tersebut. Kotak detail pada link hasil pencarian

        Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut. Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif

        Bing Maps ini mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna juga dapat mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi. Fasilitas Related Searches

        Kecerdasan sistem pencarian yang dimiliki oleh Bing ditunjukkan dengan tidak hanya ditampilkannya daftar situs, halaman web, maupun link yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan. Namun, pengguna juga akan menemukan pula beragam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan. Fasilitas Smart Video preview Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.

6.      Kekurangan

        Selain itu, bing sebagai sebuah search engine juga mempunyai beberapa kekurangan, seperti: Tidak adanya geo-targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai.

Tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.

Fiturnya tidak lengkap.

Bing kurang diminati oleh pengguna.

Bing kurang cepat dalam pencariannya.

        Tanggapan Saya mengenai hal ini,  semua Search Engine memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika pada Google sudah terdapat geo-targeted yang dapat memaksimalkan hasil pencarian, Bing mungkin memang tidak memilikinya. Namun penampilan Bing bisa dibilang lebih menarik karena dapat berganti wallpaper. Bing memang kalah saing jika dibandingkan dengan Search Engine yang sudah memiliki nama seperti Google dan Yahoo, tapi Bing juga memiliki kelebihan. Pada akhirnya semua itu kembali lagi pada pilihan user yang akan memakai mesin pencari seperti apa dan bagaimana.

3. Yandex

7.      Sejarah

        Yandex berawal pada tahun 1990, ketika Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan Arkadia, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS untuk digunakan dalam klasifikasi paten dan barang. Perangkat lunak mereka menampilkan pencarian teks lengkap dengan dukungan morfologi Rusia. Pada tahun 1993, Arkadia menjadi subdivisi dari Comptek International, perusahaan lain yang didirikan oleh Volozh pada tahun 1989. Pada tahun 1993, Arkady Volozh dan Ilya Segalovich, yang berteman sejak masa sekolah dan sejak saat itu bekerja sama untuk mengembangkan perangkat lunak pencarian, menemukan kata "Yandex" untuk menggambarkan teknologi pencarian mereka. Nama awalnya adalah singkatan dari "Yet Another iNDEXer". Kata Rusia "Я" ("Ya") sesuai dengan kata ganti orang Inggris "I", menjadikan "Яndex" kata dalam dua bahasa pada "index". Pelesetan kata lainnya didasarkan pada yin dan yang (Rusia: инь - индекс, ян - яндекс). Antara tahun 1993 dan 1996, perusahaan terus mengembangkan teknologi pencariannya dan merilis perangkat lunak untuk melakukan pencarian dalam Alkitab. Mesin pencari Yandex.ru diluncurkan pada 23 September 1997, dan secara publik dipamerkan pada pameran Softool di Moskwa. Awalnya, mesin pencari ini dikembangkan oleh Comptek. Pada tahun 2000, Yandex didirikan sebagai perusahaan mandiri oleh Arkady Volozh. Pada tahun 1998, Yandex meluncurkan iklan kontekstual pada mesin pencarinya.

8.      Kelebihan

a. Indeks dan hasil pencarian lumayan banyak

b. Banyak diminati oleh orang-orang Eropa dan khususnya bagian Rusia

c. Tampilan yang berbentuk magz, cocok bagi anda yang suka membaca berita

d. Navigasi yang lengkap

e. Data dari tiap situs hasil pencarian yang lengkap

9.      Kekurangan

a. Sangat-sangat berat

b. Tidak cocok bagi anda pengguna laptop/hp dengan spesifikasi rendah

c. Navigasi yang sangat sulit bagi orang luar Rusia

d. Tampilan awal yang berbahasa Rusia

e. Banyak konten yang berbau SPAM

f. Terkadang Yandex sering memberikan Traffic Ghost kepada para pemilik web

4. DuckDuckGo

10.  Sejarah

        DuckduckGo Search Engine didirikan Gabriel Weinberg yang berprofesi sebagai seorang pengusaha. Pada awalnya, search engine ini didanai sendiri oleh Weinberg. Namun untuk sekarang juga sudah didukung dengan berbagai iklan. DuckduckGo Search Engine dibangun pada pencarian APIs dari banyak vendor. Ia menjelaskan jika nama search engine ini diambil dari mainan anak berbentuk bebek meski sebenarnya tidak ada hubungan antara search engine ini dengan mainan anak anak. Di bulan Juli tahun 2010, Weinberg mengawali situs komunitas DuckduckGo agar masyarakat bisa melaporkan masalah, membahas tentang sarana pemakaian mesin pencari, berdiskusi tentang open sourcing the code dan juga fitur permintaan. Kemudian di bulan September tahun 2011, Tighe Caine dipekerjakan di DuckduckGo sebagai karyawan yang pertama. Bulan selanjutnya, Union Square Ventures melakukan investasi di DuckduckGo. Mereka berinvestasi karena yakin DuckduckGo Search Engine bisa mengubah dasar kompetisi dalam hal pencarian. Di bulan Mei tahun 2012, DuckduckGo Search Engine berhasil menarik 1.5 juta pencarian di setiap satu harinya. Weinberg mengatakan jika mereka juga sudah memperoleh US$ 115.000 per tahun 2011 dan mempunyai 3 karyawan serta beberapa kontraktor. Pada bulan November 2012, menurut sebuah situs dikatakan jika pencarian memakai DuckduckGo Search Engine mencapai 45.000.000 per bulan di bulan Oktober 2012. Pencapaian tersebut dikarenakan fitur DuckduckGo Search Engine yang menawarkan hampir semua yang tidak diberikan pada fitur di Bing atau Google.

11.  Kelebihan

1.      Menjaga Privasi Pengguna

2.      Memiliki Fitur Bang

3.      Iklan Tidak Terlalu Banyak

4.      Memberikan Hasil Pencarian yang Tidak Bias

5.      Tidak Memiliki Google Remarketing

6.      Memiliki Layanan Logique Digital Indonesia

12.  Kekurangan

1. Fasilitasnya Kurang Lengkap

        Apabila dibandingkan dengan Google Search Engine, fasilitas pada DuckduckGo Search Engine terbilang lebih sedikit. Untuk Google memiliki beberapa fasilitas seperti Google Flights, Google Maps, Google Books dan Google Finance. Sementara untuk DuckduckGo Search Engine belum mempunyai layanan seperti itu.

 

2. Terkadang Kurang Nyaman Digunakan

        Tujuan Google mengumpulkan data adalah untuk meningkatkan layanan dan user experience pengguna sehingga hasil pencarian bisa disesuaikan dengan profil atau minat penggunanya. Untuk itu ketika sedang mencari informasi, Google akan memberi jawaban yang sesuai dengan pengguna tersebut. Contohnya pada saat anda mencari kueri “rumah makan Korea”, maka Google bisa mengetahui lokasi pengguna serta memperlihatkan rekomendasi rumah makan Korea paling dekat berdasarkan peta ke rumah makan tersebut. Hal ini berbeda dengan DuckduckGo Search Engine yang tidak akan mengingat profil pengguna. Dengan begitu ketika pengguna mencari informasi seperti “rumah makan Korea”, maka pengguna akan mendapatkan informasi secara umum. Apabila anda tidak bermasalah dengan pengumpulan data, maka menggunakan Google menjadi pilihan yang tepat dan nyaman untuk dipakai.

5. Baidu

13.  Sejarah

        Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh pelopor internet Robin Li, pencipta teknologi pencarian visioner Analisis Hyperlink, dengan misi menyediakan orang-orang dengan cara terbaik untuk menemukan informasi dan menghubungkan pengguna dengan layanan. Selama satu dekade terakhir kami telah berusaha keras untuk memenuhi misi ini dengan mendengarkan dengan cermat kebutuhan pengguna kami dan keinginan. Untuk memberikan cerdas, hasil pencarian yang relevan untuk puluhan miliar query yang dimasukkan ke dalam platform pencarian kami setiap hari, kita fokus pada powering teknologi terbaik dioptimalkan untuk up-to-date selera dan preferensi lokal. Pemahaman yang mendalam kami bahasa dan budaya China merupakan pusat keberhasilan kami dan jenis pengetahuan memungkinkan kita untuk menyesuaikan teknologi pencarian kami untuk kebutuhan pengguna. Hanya untuk mengutip salah satu contoh, kami percaya ada setidaknya 38 cara untuk mengatakan "Aku" dalam bahasa Cina. Adalah penting bahwa kita mengenali nuansa ini untuk secara efektif menangani permintaan pengguna. Kami menyediakan pengguna kami dengan banyak saluran untuk mencari dan berbagi informasi. Selain inti produk pencarian web kami, kami kekuatan banyak populer berbasis masyarakat produk, seperti Baidu PostBar, dan berbahasa Cina-query berbasis dicari platform komunitas online, Baidu Knows, terbesar berbahasa Cina pengetahuan interaktif pertama di dunia terbesar di dunia -Berbagi platform, dan Baidu Ensiklopedi, user-generated terbesar ensiklopedia berbahasa Cina di dunia, untuk nama tapi beberapa. Di luar produk tenda kami juga menawarkan puluhan membantu produk berbasis pencarian vertikal, seperti Maps, Image Search, Video Search, Cari Berita, dan banyak lagi. Kami kekuasaan ini melalui teknologi mutakhir kami, terus berinovasi untuk meningkatkan layanan ini. Kotak baru kami Komputasi Open Platform membawa pengguna konten deep-linked dan bahkan aplikasi yang mereka dapat menggunakan langsung melalui kotak pencarian mereka. Kami percaya bahwa Box Computing secara dramatis akan meningkatkan pengalaman pencarian orang dan menjadi mana-mana di semua perangkat internet termasuk komputer dan platform mobile. Selain melayani pengguna individu, kami juga melayani sebagai platform media pelanggan pemasaran online. Model bisnis kami terutama didasarkan pada platform pemasaran yang berorientasi pada kinerja bagi perusahaan untuk biaya efektif menjangkau pengguna internet yang relevan. Kami menawarkan jasa pemasaran online berbasis kinerja dan iklan display baik melalui website organik Baidu dan situs afiliasi kami (Pengelola Union kami). Situs afiliasi kami membawa lalu lintas ke kita melalui mengintegrasikan kotak pencarian Baidu ke situs mereka dan / atau dengan menampilkan link promosi kontekstual yang relevan bagi pelanggan kami. Mayoritas pendapatan kami berasal dari jasa pemasaran online berbasis kinerja dan pelanggan kami membayar biaya per klik dasar - yaitu, pelanggan kami hanya membayar bila dibayar-link mereka diklik melalui dan mereka mendapatkan "memimpin". Tujuan kami adalah untuk memberikan pelanggan kami sebuah platform pemasaran online yang memiliki berbagai fungsi yang dapat mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan pemasaran dan pilihan yang luas dari alat untuk mengelola account mereka serta data untuk menganalisis dan mengoptimalkan ROI. Untuk melayani pelanggan kami, upaya penjualan kami terdiri dari tim penjualan langsung di kota-kota lapis pertama dan distributor pihak ketiga di kota-kota tingkat yang lebih rendah. Hal ini memungkinkan kita untuk lebih menembus setiap pasar dan menyesuaikan dukungan dan interaksi pribadi berdasarkan kebutuhan pelanggan. Hari ini, platform pemasaran online kami menyajikan ratusan ribu usaha kecil dan menengah (UKM) dan banyak pelanggan multinasional bermerek. ROI terukur yang ditawarkan oleh platform pemasaran online telah membuatnya menjadi salah satu platform pemasaran yang paling efektif bagi perusahaan menargetkan pasar Cina. Kami akan terus berusaha untuk memberikan tingkat tambahan penjualan nilai tambah dan layanan pelanggan untuk mengatasi berbagai kebutuhan pelanggan. Fokus kami adalah untuk membantu pasar terus mengembangkan dan mendidik banyak perusahaan yang tidak mengerti manfaat dari pemasaran mesin pencari sehingga kita dapat membantu mereka mengembangkan bisnis mereka. Anda tidak perlu kita untuk memberitahu Anda bahwa ruang internet China sedang booming. Dengan pengguna internet terbesar penduduk dunia - 564.000.000 pada akhir 2012 – dan jalan panjang untuk pergi untuk mencapai tingkat penetrasi internet dari negara-negara maju, internet China tumbuh di kedua pengaruh dan kecanggihan. Dan karena semakin banyak orang Cina datang online, Baidu terus berinovasi untuk memenuhi selera mereka semakin beragam. Dengan tujuan kami terbaik melayani kebutuhan pengguna dan pelanggan dengan solusi cerdas dan relevan, kami berharap untuk masa depan yang kuat.

14.  Kelebihan

a. Menyediakan berita nasional dan internasional dari layanan Baidu Berita

b. Baidu Ensiklopedi

c. Baidu Post Bar.

15.  Kekurangan

a. Tidak secepat Google/Yahoo

b. Bahasa dominan Bahasa mandarin

c. Jangkauan berita lebih sedikit disbanding Google

d. Gambar kurang jelas .



BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

        Jadi Search Engine (Mesin Pencari) yang efektif untuk digunakan adalah Google Karena Kecepatan dan kemudahan dalam mencari lebih canggih dengan fitur yang dimiliki sehingga berkesan sederhana tapi menarik.

Komentar