SEARACH ENGINE
makalah search engine
Tujuan
·
Dapat menambah wawasan
seputar search engine
·
Dapat mempelajari cara
kerja search engine
·
Dapat mempraktekkan search
engine dalam membangun blog
Mesin Pencari ( Search Engine
)
Mesin
pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas
berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun
news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali
diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung
atas suatu berkas yang disebut sebagai
hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam
berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun
jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan
pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun
direktori web.
1. Google
1.
Sejarah
Google
berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry
Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin
pencari yang berdasarkan
analisis matematika hubungan
antara situs-situs web
akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik
pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan
BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah
situs. Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut
dari halaman- halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling
relevan, Page dan Brin memutuskan untuk
mencoba tesis mereka
sebagai bagian dari
studi mereka – ini menjadi fondasi bagi mesin pencari
mereka. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc. pada 7
September 1998.
Google
menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan
‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata
kunci (keyword) sehingga mereka menjadi
lebih relevan bagi
para pengguna, dan
iklan-iklan tersebut diharuskan
menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap
cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture yang
dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara
diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba. Pada September
2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika.
Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan
mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta. Pada Februari 2003,
Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin
hosting weblog. Akuisisi
ini tampak tidak
konsisten dengan misi
umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan
informasi dari posting- posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi
artikel-artikel di Google News. Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004,
Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet
melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google
turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004
agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.
2.
Kelebihan
a. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
b. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
c. Tampilan yang sederhana.
d. Google merupakan satu-satunya mesin pencari
yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu
pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
e. Dapat mencari segala informasi seperti
gambar, berita artikel, hiburan dll.
3.
Kekurangan
Dengan kelebihan yang
dimilikinya, ternyata mesin pencari ini
jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak
diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma
Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian
pun terasa tergangggu.
4.
Sejarah
Microsoft
Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan
situs mesin pencari web (diiklankan sebagai "mesin pengambil
keputusan/decision engine") yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing
merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin
pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN
Search. Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO
Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego,
Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni. menggantikan mesin
pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu
teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008.
Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih
akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan
membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing
mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu: Web untuk pencarian
halaman situs atau website.
Images untuk
pencarian gambar.
News untuk
pencarian berita.
xRank untuk
pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada tanggal
29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing
akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search
diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012. Pada Oktober 2011,
Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan
memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi
pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai "Tiger"
ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012,
Bing mengumumkan rancangan ulang lain [ada mesin pencarinya yang mencakup
"Bilah sisi" (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring
sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci
pencarian.
5.
Kelebihan
Gambar latar belakang yang variatif
Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti. Fasilitas Instant Answer
Fasilitas ini
merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan
diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memeberikan jawaban.
Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang
dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan samapai
ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau
hitungan. Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring
secara detail
Apabila
pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi konten image,
maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
Hasil pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat
diperbesar atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang
terbagi lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta disertai juga
dengan Show image details. Show image details ini berfungsi dalam menyajikan
image thumbnail dan informasi tentang gambar tersebut. Kotak detail pada link
hasil pencarian
Jika pada
situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang
ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini,
pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor
pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah
pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut. Tampilan Bing
Maps yang lebih interaktif
Bing Maps ini
mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna juga dapat mengubah
penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps pun dapat
memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga
dimensi. Fasilitas Related Searches
Kecerdasan
sistem pencarian yang dimiliki oleh Bing ditunjukkan dengan tidak hanya
ditampilkannya daftar situs, halaman web, maupun link yang berhubungan dengan
kata kunci yang dimasukkan. Namun, pengguna juga akan menemukan pula beragam
pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches.
Tujuan fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan. Fasilitas Smart
Video preview Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang
dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku
pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih
dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos.
Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos
mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan
kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.
6.
Kekurangan
Selain itu,
bing sebagai sebuah search engine juga mempunyai beberapa kekurangan, seperti:
Tidak adanya geo-targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau
sesuai.
Tidak adanya
page rank, sehingga kurang efisien.
Fiturnya
tidak lengkap.
Bing kurang
diminati oleh pengguna.
Bing kurang
cepat dalam pencariannya.
Tanggapan Saya
mengenai hal ini, semua Search Engine
memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika pada Google sudah terdapat
geo-targeted yang dapat memaksimalkan hasil pencarian, Bing mungkin memang
tidak memilikinya. Namun penampilan Bing bisa dibilang lebih menarik karena
dapat berganti wallpaper. Bing memang kalah saing jika dibandingkan dengan
Search Engine yang sudah memiliki nama seperti Google dan Yahoo, tapi Bing juga
memiliki kelebihan. Pada akhirnya semua itu kembali lagi pada pilihan user yang
akan memakai mesin pencari seperti apa dan bagaimana.
7.
Sejarah
Yandex
berawal pada tahun 1990, ketika Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan
Arkadia, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS untuk
digunakan dalam klasifikasi paten dan barang. Perangkat lunak mereka
menampilkan pencarian teks lengkap dengan dukungan morfologi Rusia. Pada tahun
1993, Arkadia menjadi subdivisi dari Comptek International, perusahaan lain
yang didirikan oleh Volozh pada tahun 1989. Pada tahun 1993, Arkady Volozh dan
Ilya Segalovich, yang berteman sejak masa sekolah dan sejak saat itu bekerja
sama untuk mengembangkan perangkat lunak pencarian, menemukan kata
"Yandex" untuk menggambarkan teknologi pencarian mereka. Nama awalnya
adalah singkatan dari "Yet Another iNDEXer". Kata Rusia "Я"
("Ya") sesuai dengan kata ganti orang Inggris "I",
menjadikan "Яndex" kata dalam dua bahasa pada "index".
Pelesetan kata lainnya didasarkan pada yin dan yang (Rusia: инь - индекс, ян -
яндекс). Antara tahun 1993 dan 1996, perusahaan terus mengembangkan teknologi
pencariannya dan merilis perangkat lunak untuk melakukan pencarian dalam
Alkitab. Mesin pencari Yandex.ru diluncurkan pada 23 September 1997, dan secara
publik dipamerkan pada pameran Softool di Moskwa. Awalnya, mesin pencari ini
dikembangkan oleh Comptek. Pada tahun 2000, Yandex didirikan sebagai perusahaan
mandiri oleh Arkady Volozh. Pada tahun 1998, Yandex meluncurkan iklan
kontekstual pada mesin pencarinya.
8.
Kelebihan
a. Indeks dan hasil pencarian lumayan banyak
b. Banyak diminati oleh orang-orang Eropa dan khususnya
bagian Rusia
c. Tampilan yang berbentuk magz, cocok bagi anda yang
suka membaca berita
d. Navigasi yang lengkap
e. Data dari tiap situs hasil pencarian yang lengkap
9.
Kekurangan
a. Sangat-sangat berat
b. Tidak cocok bagi anda pengguna laptop/hp dengan
spesifikasi rendah
c. Navigasi yang sangat sulit bagi orang luar Rusia
d. Tampilan awal yang berbahasa Rusia
e. Banyak konten yang berbau SPAM
f. Terkadang Yandex sering memberikan Traffic Ghost
kepada para pemilik web
10. Sejarah
DuckduckGo
Search Engine didirikan Gabriel Weinberg yang berprofesi sebagai seorang
pengusaha. Pada awalnya, search engine ini didanai sendiri oleh Weinberg. Namun
untuk sekarang juga sudah didukung dengan berbagai iklan. DuckduckGo Search
Engine dibangun pada pencarian APIs dari banyak vendor. Ia menjelaskan jika
nama search engine ini diambil dari mainan anak berbentuk bebek meski
sebenarnya tidak ada hubungan antara search engine ini dengan mainan anak anak.
Di bulan Juli tahun 2010, Weinberg mengawali situs komunitas DuckduckGo agar masyarakat
bisa melaporkan masalah, membahas tentang sarana pemakaian mesin pencari,
berdiskusi tentang open sourcing the code dan juga fitur permintaan. Kemudian
di bulan September tahun 2011, Tighe Caine dipekerjakan di DuckduckGo sebagai
karyawan yang pertama. Bulan selanjutnya, Union Square Ventures melakukan
investasi di DuckduckGo. Mereka berinvestasi karena yakin DuckduckGo Search
Engine bisa mengubah dasar kompetisi dalam hal pencarian. Di bulan Mei tahun
2012, DuckduckGo Search Engine berhasil menarik 1.5 juta pencarian di setiap
satu harinya. Weinberg mengatakan jika mereka juga sudah memperoleh US$ 115.000
per tahun 2011 dan mempunyai 3 karyawan serta beberapa kontraktor. Pada bulan
November 2012, menurut sebuah situs dikatakan jika pencarian memakai DuckduckGo
Search Engine mencapai 45.000.000 per bulan di bulan Oktober 2012. Pencapaian
tersebut dikarenakan fitur DuckduckGo Search Engine yang menawarkan hampir
semua yang tidak diberikan pada fitur di Bing atau Google.
11. Kelebihan
1.
Menjaga
Privasi Pengguna
2.
Memiliki
Fitur Bang
3.
Iklan
Tidak Terlalu Banyak
4.
Memberikan
Hasil Pencarian yang Tidak Bias
5.
Tidak
Memiliki Google Remarketing
6.
Memiliki
Layanan Logique Digital Indonesia
12. Kekurangan
1.
Fasilitasnya Kurang Lengkap
Apabila
dibandingkan dengan Google Search Engine, fasilitas pada DuckduckGo Search
Engine terbilang lebih sedikit. Untuk Google memiliki beberapa fasilitas
seperti Google Flights, Google Maps, Google Books dan Google Finance. Sementara
untuk DuckduckGo Search Engine belum mempunyai layanan seperti itu.
2. Terkadang
Kurang Nyaman Digunakan
Tujuan Google
mengumpulkan data adalah untuk meningkatkan layanan dan user experience
pengguna sehingga hasil pencarian bisa disesuaikan dengan profil atau minat
penggunanya. Untuk itu ketika sedang mencari informasi, Google akan memberi
jawaban yang sesuai dengan pengguna tersebut. Contohnya pada saat anda mencari
kueri “rumah makan Korea”, maka Google bisa mengetahui lokasi pengguna serta
memperlihatkan rekomendasi rumah makan Korea paling dekat berdasarkan peta ke
rumah makan tersebut. Hal ini berbeda dengan DuckduckGo Search Engine yang
tidak akan mengingat profil pengguna. Dengan begitu ketika pengguna mencari
informasi seperti “rumah makan Korea”, maka pengguna akan mendapatkan informasi
secara umum. Apabila anda tidak bermasalah dengan pengumpulan data, maka
menggunakan Google menjadi pilihan yang tepat dan nyaman untuk dipakai.
13. Sejarah
Baidu
didirikan pada tahun 2000 oleh pelopor internet Robin Li, pencipta teknologi
pencarian visioner Analisis Hyperlink, dengan misi menyediakan orang-orang
dengan cara terbaik untuk menemukan informasi dan menghubungkan pengguna dengan
layanan. Selama satu dekade terakhir kami telah berusaha keras untuk memenuhi
misi ini dengan mendengarkan dengan cermat kebutuhan pengguna kami dan
keinginan. Untuk memberikan cerdas, hasil pencarian yang relevan untuk puluhan
miliar query yang dimasukkan ke dalam platform pencarian kami setiap hari, kita
fokus pada powering teknologi terbaik dioptimalkan untuk up-to-date selera dan
preferensi lokal. Pemahaman yang mendalam kami bahasa dan budaya China
merupakan pusat keberhasilan kami dan jenis pengetahuan memungkinkan kita untuk
menyesuaikan teknologi pencarian kami untuk kebutuhan pengguna. Hanya untuk
mengutip salah satu contoh, kami percaya ada setidaknya 38 cara untuk
mengatakan "Aku" dalam bahasa Cina. Adalah penting bahwa kita
mengenali nuansa ini untuk secara efektif menangani permintaan pengguna. Kami
menyediakan pengguna kami dengan banyak saluran untuk mencari dan berbagi
informasi. Selain inti produk pencarian web kami, kami kekuatan banyak populer
berbasis masyarakat produk, seperti Baidu PostBar, dan berbahasa Cina-query
berbasis dicari platform komunitas online, Baidu Knows, terbesar berbahasa Cina
pengetahuan interaktif pertama di dunia terbesar di dunia -Berbagi platform,
dan Baidu Ensiklopedi, user-generated terbesar ensiklopedia berbahasa Cina di
dunia, untuk nama tapi beberapa. Di luar produk tenda kami juga menawarkan
puluhan membantu produk berbasis pencarian vertikal, seperti Maps, Image
Search, Video Search, Cari Berita, dan banyak lagi. Kami kekuasaan ini melalui
teknologi mutakhir kami, terus berinovasi untuk meningkatkan layanan ini. Kotak
baru kami Komputasi Open Platform membawa pengguna konten deep-linked dan
bahkan aplikasi yang mereka dapat menggunakan langsung melalui kotak pencarian
mereka. Kami percaya bahwa Box Computing secara dramatis akan meningkatkan
pengalaman pencarian orang dan menjadi mana-mana di semua perangkat internet
termasuk komputer dan platform mobile. Selain melayani pengguna individu, kami
juga melayani sebagai platform media pelanggan pemasaran online. Model bisnis
kami terutama didasarkan pada platform pemasaran yang berorientasi pada kinerja
bagi perusahaan untuk biaya efektif menjangkau pengguna internet yang relevan.
Kami menawarkan jasa pemasaran online berbasis kinerja dan iklan display baik
melalui website organik Baidu dan situs afiliasi kami (Pengelola Union kami).
Situs afiliasi kami membawa lalu lintas ke kita melalui mengintegrasikan kotak
pencarian Baidu ke situs mereka dan / atau dengan menampilkan link promosi
kontekstual yang relevan bagi pelanggan kami. Mayoritas pendapatan kami berasal
dari jasa pemasaran online berbasis kinerja dan pelanggan kami membayar biaya
per klik dasar - yaitu, pelanggan kami hanya membayar bila dibayar-link mereka
diklik melalui dan mereka mendapatkan "memimpin". Tujuan kami adalah
untuk memberikan pelanggan kami sebuah platform pemasaran online yang memiliki
berbagai fungsi yang dapat mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan pemasaran
dan pilihan yang luas dari alat untuk mengelola account mereka serta data untuk
menganalisis dan mengoptimalkan ROI. Untuk melayani pelanggan kami, upaya
penjualan kami terdiri dari tim penjualan langsung di kota-kota lapis pertama
dan distributor pihak ketiga di kota-kota tingkat yang lebih rendah. Hal ini
memungkinkan kita untuk lebih menembus setiap pasar dan menyesuaikan dukungan
dan interaksi pribadi berdasarkan kebutuhan pelanggan. Hari ini, platform
pemasaran online kami menyajikan ratusan ribu usaha kecil dan menengah (UKM)
dan banyak pelanggan multinasional bermerek. ROI terukur yang ditawarkan oleh
platform pemasaran online telah membuatnya menjadi salah satu platform
pemasaran yang paling efektif bagi perusahaan menargetkan pasar Cina. Kami akan
terus berusaha untuk memberikan tingkat tambahan penjualan nilai tambah dan
layanan pelanggan untuk mengatasi berbagai kebutuhan pelanggan. Fokus kami
adalah untuk membantu pasar terus mengembangkan dan mendidik banyak perusahaan
yang tidak mengerti manfaat dari pemasaran mesin pencari sehingga kita dapat
membantu mereka mengembangkan bisnis mereka. Anda tidak perlu kita untuk
memberitahu Anda bahwa ruang internet China sedang booming. Dengan pengguna internet
terbesar penduduk dunia - 564.000.000 pada akhir 2012 – dan jalan panjang untuk
pergi untuk mencapai tingkat penetrasi internet dari negara-negara maju,
internet China tumbuh di kedua pengaruh dan kecanggihan. Dan karena semakin
banyak orang Cina datang online, Baidu terus berinovasi untuk memenuhi selera
mereka semakin beragam. Dengan tujuan kami terbaik melayani kebutuhan pengguna
dan pelanggan dengan solusi cerdas dan relevan, kami berharap untuk masa depan
yang kuat.
14. Kelebihan
a. Menyediakan berita nasional dan internasional dari
layanan Baidu Berita
b. Baidu Ensiklopedi
c. Baidu Post Bar.
15. Kekurangan
a. Tidak secepat Google/Yahoo
b. Bahasa dominan Bahasa mandarin
c. Jangkauan berita lebih sedikit disbanding Google
d. Gambar kurang jelas .
Jadi Search Engine
(Mesin Pencari) yang efektif untuk digunakan adalah Google Karena Kecepatan dan
kemudahan dalam mencari lebih canggih dengan fitur yang dimiliki sehingga
berkesan sederhana tapi menarik.
Komentar
Posting Komentar