PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK)

02/01/2022

Pengertian dan contoh PKK

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan membahas tentang PKK (Produk Kreatif dan Kewirausaan), berikut ini pembahasannya.



Latar Belakang Pendidikan di Indonesia untuk saat ini lebih banyak mengedepankan penguasaan aspek keilmuan, kecerdasan dan mengabaikan pendidikan karakter. Sementara, pengetahuan tentang kaidah moral yang didapatkan dalam pendidikan moral atau etika di sekolah semakin ditinggalkan. Pelaksanaan pendidikan untuk saat ini banyak yang kurang memperhatikan lagi bagaimana pendidikan dapat lebih berdampak terhadap perilaku seseorang. Perilaku seseorang akan mencerminkan bagaimana pendidikan yang telah didapatkan.

 Kewirausahaan merupakan salah satu kegiatan yang dapat menggerakkan suatu bangsa, hal tersebut diyakini bahwa kewirausahaan adalah pangkal pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan suatu bangsa. Kondisi tersebut mempertegas bahwa negara maju seperti Amerika dapat bangkit dari keterpurukan karena didorong dengan munculnya usaha-usaha kecil muncul di Amerika ketika negara tersebut mengalami stagflasi pada tahun 1970-an namun mampu bangkit dengan usha-usaha kecil tersebut yang sanggup mengatasi masalah pengangguran dengan cepat. Menurut Muhammad Anwar (2017) seorang wirausahawan ingin memiliki usaha yang sukses maka harus memiliki sikap-sikap sebagai berikut : (1) keterbukaan, (2) kebebasan, (3) pandangan yang luas, (4) berorientasi pada masa depan, (5) berencana, (6) berkeyakinan, (7) sadar, (8) menghormati orang lain dan (9) menghargadi pendapat orang lain.

Keberanian merupakan modal utama sebagai seorang wirausahawan, keberanian yang dimaksud adalah berani mengambil keputusan untuk mengubah paradigma bahwa setelah selesai kuliah tidak selalu menjadi karyawan melainkan harus bearani berwirausaha. Keberanian yang dimiliki oleh seorang wirausaha juga harus didukung dengan sikap jujur terhadap siapapun. Agar usaha yang tengah rintis ataupun yang sedang dijalani maka seorang wirausahawan haus memiliki sikap tekun dan ulet untuk mempertahankan usahanya agar tidak mengalami guncangan dan usahanya juga tahan banting dalam keadaan apapun. Keberhasilan sebuah usaha tidaklah lepas dari sikap sabar, tabah, positif serta rendah hati. Adanya kemauan yang kuat maka seorang wirausahawan akan dengan mudah membawa usaha untuk terus maju. Sebagai seorang wirausahawan harus berpegang teguh pada tanggung jawab. Tanggung jawab seorang wirausahawan meliputi tanggung jawab kepada mitra usahanya dan para staf atau pegawainya. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dan juga pada Peraturan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006 menyatakan bahwa standar kompetensi lulusan pada siswa SMK yaitu menghasilkan lulusan yang siap menjadi tenaga kerja ataupun berwirausaha dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan jurusan yang telah dipilih.. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 dijelaskan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk pendidikan formal kejuruan pada jenjang pendidikan menengah.


Contoh

Kasus pemilik toko kelontong strategi untuk memgembangkan produk yang di jual

Kasus strategi mengembangkan produk yang di jual (S-Jarak dekat pemukiman vs O-Pemenuhan Kebutuhan Harian). Salah satu kekuatan dari toko kelontong/minimarket independen yang dipadukan dengan peluang adalah ketika konsumen kehabisan sesuatu di rumah, dan membutuhkan sebuah produk mendadak, atau perlu barang tambahan untuk melengkapi item utama (barang komplementer), kemungkinan besar mereka akan pergi ke toko kelontong/minimarket rumahan, daripada pergi ke supermarket, dengan alasan mereka akan lebih cepat dan praktis untuk memperoleh produk tersebut.

Bahkan, 85% konsumen percaya jika mereka lebih mudah belanja toko daripada mengunjungi supermarket saat ada kebutuhan yang mendesak. Sehingga dalam kondisi ini, strategi yang dilakukan adalah menjaga stok dan  harga tetap stabil untuk produk komplementer dan kebutuhan sehari dalam kemasan kecil/ecer.

Strategi yang dapat disimpulkan Bagaimana meningkatkan daya saing usaha toko kelontong kita disaat persaingan begitu ketat dengan bermunculannya supermarket dan minimarket waralaba?

Maka dibutuhkan beberapa ide dan pemikiran baru untuk selalu melakukan penyegaran pada usaha toko kita. strategi mempertahankan daya saing ini tentang memberikan nilai pada kekurangan dan kelemahan kita dengan cerdas sehingga menjadi sebuah kekuatan untuk bertahan dan bersaing. Tidak cukup hanya mengandalkan aset yang saat ini sudah kita miliki. Kita perlu meluangkan waktu untuk memoles dan menyempurnakannya agar benar-benar optimal dan berjalan sinergi untuk menghadapi persaingan bisnis.


Demikian tentang artikel saya buat tentang PKK, semoga bermanfaat buat kalian yang membacanya terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Komentar